Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika ingin membangun sebuah rumah? Arsitektur rumah. Ya. Semua yang berkaitan dengan ide, gagasan, dan rancangan rumah itu sendiri. Banyak sekali artikel dan majalah yang membahas bagaimanakah langkah yang benar dalam membuat rumah idaman,, atau merenovasi rumah yang sudah kusang menjadi lebih indah dan nyaman.

Cara Memilih Arsitektur Rumah Yang Benar

Oke, Anda tidak perlu pusing. Coba lihat beberapa rumah yang sudah ada. Perhatikan cara rumah-rumah itu dirancang. Catatlah apa yang Anda suka atau tidak suka pada rancangan tersebut.

Dari situ, Anda akan bisa membayangkan desain rumah seperti apa yang Anda inginkan. Anda bisa mulai berimajinasi dengan rumah impian Anda.
Contoh-contoh rumah bisa Anda lihat berikut di mana ia dibangun. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan arsitektur rumah Anda. Banyak pengembang yang sudah membangun beberapa unit rumah di daerah perbukitan maupun daerah datar perkotaan. Tentu saja, masing-masing memiliki rancangan dan desain yang berbeda. Anda tinggal menyesuaikan dengan lahan yang akan Anda bangun.

Melihat arsitektur-arsitektur rumah secara nyata, akan membantu Anda dalam membuat sebuah rumah daripada sekadar melihat-lihat contoh dari sebuah gambar. Secara nyata, Anda bisa mengalkulasikan desain yang Anda inginkan dengan ukuran lahan, kebutuhan, dan anggaran yang Anda miliki. Tidak hanya membayangkan.

Tetap, Anda harus melihat rancangan dan desain rumah yang ditawarkan para pengembang dan membandingkan satu dengan lainnya. Biasanya, pada perumahan yang baru dibuka, pengembang hanya membangun beberapa contoh sebagai display.
Ingat, Anda tidak cukup hanya melihat tampilan-tampilan tersebut karena yang tampak dari luar belum tentu sesuai dengan yang Anda inginkan sebab bukan Anda sendiri yang membangun. Anda harus mengajukan beberapa pertanyaan yang krusial untuk memastikan bahwa rumah tersebut cocok dengan apa yang Anda butuhkan.

Hal-Hal Penting dalam Arsitektur Rumah Yang Baru

Jika akan membuat sendiri, Anda bisa mengalkulasi harga sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda membeli, pastikan bahwa harga yang ditawarkan pengembang sudah mencakup semuanya tanpa ada lagi biaya tambahan. Kalaupun ada, pastikan berapa harga yang harus Anda tambah. Pada perumahan tipe tertentu memiliki arsitektur rumah yang khas, pengembang tidak membangun dapur sebagai bagian dari harga rumah.

Lihatlah kebutuhan-kebutuhan keluarga Anda untuk menentukan pembagian ruangan pada rumah Anda. Pastikan jumlah kamar mandi dan WC cukup untuk menampung hajat hidup keluarga.

Anda juga harus memperhatikan peletakan jendela dan pintu rumah karena akan mempengaruhi peredaran udara dan cahaya dalam rumah Anda. Perhatikan tanah yang Anda miliki. Jika luas tanah tidak mencukupi kebutuhan keluarga, Anda bisa membangunnya bertingkat. Untuk pembelian rumah yang sudah jadi, tanyakan apakah pondasi mereka sudah dilengkapi dengan cakar ayam sehingga Anda bisa menambah biaya untuk meningkat rumah, perhatikan juga struktur bangunan.

Untuk pembelian rumah jadi, Anda harus benar-benar memikirkan kebutuhan keluarga Anda, baik nanti dan yang akan datang. Jangan sampai Anda membeli rumah dengan arsitektur rumah yang tidak bagus, contohnya bila anda ingin menaikkan lantai rumah menjadi 2 , sedangkan rumah tersebut sejak awal tidak dilengkapi dengan pondasi cakar ayam yang layak. Meninggikan lantai rumah tanpa cakar ayam sama seperti kita membangun rumah baru dari awal.

Hal yang tidak kalah penting, Anda harus memperhatikan sirkulasi air rumah Anda. Pikirkan untuk membangun saluran air yang layak, baik di atas rumah maupun bagian bawah, agar rumah Anda tidak kebanjiran saat air hujan turun begitu deras.

Tips Merenovasi Arsitektur Rumah

Dalam benak Anda mungkin banyak fantasi mengenai rumah idaman. Fantasi-fantasi arsitektur rumah idaman tersebut bisa Anda terapkan pada rumah Anda atau rumah yang akan dibeli. Keadaan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan Anda dan anggota keluarga lainnya akan menjadi problem besar dalam keluarga. Mungkin dahulu ketika membeli rumah Anda masih hanya bersama istri/suami Anda, namun selang beberapa tahun kemudian anak-anak Anda terlahirkan di rumah Anda.

Bila dahulu 2 kamar saja cukup dan terasa lapang bagi Anda namun sekarang ketika anak sudah ada 2 orang lebih dan berusia di atas 8 tahun maka mereka membutuhkan kamar pribadi. Kamar pribadi bagi anak akan membuat mereka merasa nyaman dan aman serta memiliki pricasi dalam kehidupannya.

Penyesuaian tata letak ruang rumah dan jumlah kamar harus diperhatikan agar rumah Anda tidak menjadi ruwet dan sempit. Anda harus merencanakannya dengan cermat dan tepat agar semua kebutuhan anggota keluarga akan ruang di rumah terpenuhi, misalnya kamar tidur anak, kamar tidur utama, dapur, ruang belajar, ruang tamu, ruang keluarga dan lainnya.

Selain alasan di atas merenovasi rumah diperlukan agar rumah tetap menjadi tempat yang aman bagi keluarga. Kayu penyangga dan atap rumah yang sudah lapu termakan oleh rayap harus segera diganti, begitu pula genteng, asbes, pintu, kusen dan lainnya. Anda tentunya tidak menginginkan benda-benda berat jatuh menimpa Anda dan keluarga. Merenovasi rumah adalah 2 kata yang wajib dilakukan pada kondisi rumah seperti ini.

Perabotan rumah yang semakin banyak karena bertambah setiap waktu membutuhkan tempat yang lebih besar. Membuat gudang sebagai penyimpanan perabotan rumah yang dianggap tidak begitu diperlukan namun bila luas tanah rumah sempit maka harus ada desain yang tepat dan bagus. Selera anggota keluarga bisa menjadi alasan untuk merenovasi rumah, misalnya rumah yang terlalu pendek sehingga cepat panas akan dirubah menjadi lebih tinggi. Bahkan persaingan antar tetangga dalam keindahan arsitektur rumah sering menjadi alasan untuk kembali mengubah rumahnya menjadi lebih indah lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merenovasi rumah agar menjadi seperti yang diidamkan. Tentunya tips ini diberikan pada Anda yang memiliki anggaran yang minim agar lebih berhemat namun memiliki hasil yang maksimal, di antaranya yaitu :

1. Mengkonsep arsitektur rumah dengan jelas

Pada langkah ini Anda harus menentukan konsep rumah idaman Anda, mana sajakah bagian rumah yang harus direnovasi ? Desain yang dipakai apa ? Semua hal harus Anda pertimbangkan dengan matang, hal ini bertujuan agar Anda tidak ruwet dan berlama-lama dalam merenovasi rumah. Semakin lama waktu yaang digunakan dalam merenovasi maka biaya yang harus dibayarkan akan semakin mahal.

2. Pilihlah bahan dan material yang sesuai

Pemilihan bahan dan material bangunan harus disesuaikan dengan anggaran renovasi yang ada. Sembarangan dalam memilih bahan akan membuat anggaran renovasi akan semakin membengkak, contohnya salam memilih jenis cat saja akan membuat anggaran bisa berbeda jutaan rupiah. Pilih bahan dan material bangunan yang berharga sedang namun memiliki keawetan yang panjang. Bila harga yang ada hanya berbeda sedikit saja maka pilihlah yang awet untuk beberapa tahun pemakaian.

3. Menetapkan waktu renovasi rumah

Cuaca dan musim dapat mempengaruhi pekerjaan yang menyangkut bangunan. Begitu pula dengan renovasi arsitektur rumah akan semakin lama bila bersamaan dengan datangnya hujan. Hujan akan membuat renovasi menjadi mandek, contohnya pada waktu pengecatan dinding luar rumah datang rintikan hujan maka pengecatan akan berhenti sampai beberapa waktu yang lama. Untuk menghindari hal itu pilihlah musim kemarau dalam merenovasi rumah.

4. Pakailah sistem borongan

Jika perencanaan renovasi rumah sudah secara matang dibuat maka Anda jangan memakai sistem pengerjaan harian. Tukang yang bekerja secara harian biasanya mempunyai waktu yang panjang dalam menyelesaikan pekerjaan, walaupun tidak semuanya seperti itu. Akan lebih baik bila Anda menggunakan jasa pemborong. Para pekerja baik kuli dan tukang dalam sistem borongan akan bekerja dengan maksimal dalam waktu yang singkat.Sebaliknya bila perencanaan renovasi Anda masih belum jelas maka gunakanlah jasa tukang dengan sistem harian.

5. Memakai jasa arsitek rumah

Memakai jasa mereka mungkin sedikit mahal akan tetapi mereka akan memberikan rencana renovasi rumah dengan tepat. Hasil garapan arsitek mungkin akan lebih daripada garapan tangan Anda karena mereka bersekolah dan berpengalaman dalam merenovasi rumah. Keinginan Anda akan sebuah rumah yang indah dan nyaman akan mereka salurkan melalui perencanaan yang matang dan detail.

Anda bisa memilih dari beberapa desain yang mereka tawarkan. Dengan memakai jasa arsitek juga akan menghemat biaya ke depan karena mereka akan merencanakan renovasi yang bisa bertahan lama misalnya 10 ke depan.

Itulah 5 tips merenovasi arsitektur rumah. Merenovasi rumah akan memberikan hasil yang memuaskan bila dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Merenovasi dan membuat rumah yang indah dan nyaman tidaklah sulit anda hanya memerlukan banyak tambahan ilmu mengenai bangunan rumah, semakin banyak anda membaca artikel arsitektur maka anda akan semakin pandai dalam bidang arsitektur.

Menu