Sepertinya sudah hal yang biasa ditemui bila Anda pernah melihat sebuah rumah difungsikan pula sebagai tempat usaha. Semakin banyak orang tidak mau terlalu repot dengan kehidupannya alias membuat hidup lebih mudah saja. Kalau bisa berbisnis dari rumah, mengapa harus keluar rumah? Memang terkadang malah terlihat tidak bekerja, ingin desain rumah toko ?.

Bagi yang mempunyai anak balita juga mereka malah merasa bahwa orangtuanya selalu ada di rumah. Hal ini tidak menjadi satu kendala asalkan tahu bagaimana mengatur jadwal saja. Rumah yang difungsikan sebagai tempat usaha itu biasa disebut dengan rumah toko atau RUKO. Ada beberapa konsekwensi dari rumah toko yang harus sudah diantisipasi sebelumnya dengan cara membuat desain rumah toko secara efektif.

Pengertian Rumah Toko (Ruko)

Efektifitas rumah toko itu memang harus diatur dengan saksama agar kehidupan pribadi dan kehidupan yang menyangkut pekerjaan tidak terganggu. Jam kerja juga perlu diatur agar seluruh anggota keluarga bisa memahami dan mengerti dengan jadwal yang ada. Penyesuaian ini juga membutuhkan batasan yang dibuat tampak jelas secara fisik. Pada tataran inilah dibutuhkan desain rumah toko yang baik dan pas dengan bidang usaha yang sedang dijalankan.

Bila masih mempunyai anak balita, memang ada baiknya mempunyai pengasuh anak agar anak tidak mengganggu aktivitas profesional orangtuanya. Adalah sangat mengganggu pelayanan terhadap konsumen ketika sedang menawarkan satu barang, anak merengek dan tidak tahu apa maunya. Tetapi kalau rumah toko itu sendiri dibuat dengan desain yang secara imajiner juga menambah pemahaman secara psikologis bahwa bagian tertentu tidak boleh dimasuki pada jam-jam tertentu, maka anak dan anggota keluarga yang lain akan paham dan mengerti.

Rumah Toko atau disingkat dengan RUKO telah menjadi hal yang lumrah ditemui. Dengan adanya pergeseran nilai ‘bekerja dan berkarya’ yang tidak selalu harus dilakukan di kantor. Maka tren yang berkembang adalah gerakan work from home.

Kejelian para broker atau pengembang dalam melihat peluang ini adalah dengan dirancangnya sebuah rumah impian bagi Anda yang menginginkan tetap bekerja dari rumah atau bekerja di rumah hingga muncullah istilah rumah toko atau ruko ini. Ada juga jug istilah rukan atau rumah kantor. Kalau ruko, biasanya menjual berbagai barang. Sedangkan rukan difungsikan sebagai rumah dan kantor. Pemilik perusahaan membuat rumahnya sekaligusnya kantornya.

Orang-orang yang mempunyai ruko dan rukan ini sepintas memang diuntungkan karena mereka tidak harus keluar uang transportasi. Namun, mereka memiliki permasalahan tersendiri. Permasalahan itu kalau tidak diatasi malah akan menjadikan orang-orang yang bekerja di ruko dan rukan merasa bosan dan ingin melakukan hal yang sama dengan orang-orang yang bekerja di luar rumah.

Seninya memang ada pada tataran ini. Itulah mengapa desain rumah toko atau desain untuk rumah kantor itu hendaknya sesuai dengan yang diharapkan agar terhindar dari masalah yang tak perlu ada.

Bisa dibayangkan kalau sedang ada masalah dengan pasangan. Rasanya ingin pergi dari rumah, tetapi rumah itu juga adalah toko atau kantor. Maka permasalahan itu rasanya tidak kelar dan masih saja ada di hati. Suara anak menangis dan teriakan anak-anak yang bermain, tidak jarang juga mengganggu pekerjaan. Hal ini harus dimusyawarahkan dengan hati yang lapang agar tidak mengganggu pekerjaan.

Merancang Desain Rumah Toko

Pada prinsipnya hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang rumah toko adalah kenyamanan. Karena kenyamanan adalah kunci utama dalam menggabungkan dua fungsi – yakni toko dan rumah tempat tinggal ke dalam satu wadah. Tanpa adanya rasa nyaman, bekerja di rumah sama saja bohong.

Dan hal lain yang juga jangan sampai luput dari perhatian Anda adalah akses yang mudah antara ruang privasi dengan ruang usaha atau publik. Sehingga tidak saling mengganggu sinergi fungsi ruang masing-masing.

Ketepatan dalam menciptakan desain atau rancangan rumah toko adalah hal yang mesti Anda pertimbangkan. Hal ini agar tidak terjadi kemubaziran pada saat bisnis atau usaha Anda sudah berlangsung. Ada baiknya bila Anda berkeinginan untuk membuka usaha atau berbisnis dari rumah, maka rancangan rumah toko Anda sudah dipersiapkan dari sebelum Anda mulai membangun rumah.

Pastikan bahwa usaha yang akan digeluti itu sesuai dengan perencanaan awal. Kalau tidak, biaya renovasi yang akan dikeluarkan tentunya cukup besar. Sayang bila harus mengeluarkan biaya lagi.

Misalnya, rumah toko itu akan dijadikan klinik kesehatan. Ada baiknya memisahkan tempat masuk ke rumah yang biasanya ada di bagian atas. Buatlah tangga khusus yang menuju ke rumah. Jangan sampai anggota keluarga keluar masuk dengan semaunya di wilayah publik bukan pada jam yang semestinya.

Dengan adanya akses khusus ini, para kerabat yang berkunjung juga tidak akan merasa tidak enak memasuki wilayah publik. Buatlah rancangan yang bagus dan benar-benar seperti rumah sehingga anak-anak juga merasa betah dan tahu di mana tempat mereka ketika kedua orangtuanya sedang bekerja.

Mereka paham bahwa mereka tidak boleh mengganggu orangtuanya yang bekerja. Kalau tanah yang dibuat ruko itu tidak menyisakan halaman untuk bermain, buatlah bagian atap sebagai tempat bermain yang aman. Taman kecil dengan pepohonan yang teduh dengan membuat anak nyaman bermain di atap rumah yang kosong.

Berilah pagar agar anak-anak tidak berani naik ke dinding. Pembuatan gazebo yang cantik juga akan membuat anak merasa berada di taman yang sebenarnya. Apalagi kalau ada kolam kecil dengan gemercik air dari pancuran.

Menu